Monday 2 May 2011

Design Home-Office

Menyambung tulisan saya mengenai rumah kantor, tulisan saya kali ini akan menampilkan desain dari rumah kantor (small office home office) untuk saya pribadi. Kebetulan saya mendapatkan tanah hoek menghadap ke timur dan utara. Dua muka pada tanah ini memungkinkan bagi saya membuat rumah kantor dimana akses masuknya terpisah, sehingga akses untuk usaha dan akses untuk pribadi tidak bersinggungan. Sehingga profesionalitas usaha bisa terjaga, namun di sisi lain tidak mengorbankan kenyamanan dari sebuah hunian rumah.


Rumah kantor ini didesain dengan gaya kontemporer, dibuat sehemat mungkin dari segi struktur dengan grid-nya yang teratur (nge-box) dengan bentangan kolom ke kolom diusahakan hanya 4m sehingga penulangan struktur untuk balok dan kolom bisa sehemat mungkin. Area kantor untuk dindingnya direncanakan menggunakan material batako yang di ekspos (tanpa plester dan acian) dan lantainya menggunakan acian semen saja sebagai finishingnya. Hanya area rumah saja terutama pada bagian kamar tidur yang di plester-aci dan di finished menggunakan cat tembok.


Pada bagian facade, agar tetap terlihat menarik namun murah (biaya tetap menjadi pertimbangan) saya menggunakan listplank GRC bertekstur kayu yang di finishedpelitur saja (tipuan mata karena dana terbatas) dengan permainan camprot dan acian halus pada dinding sebagai permainan tekstur bangunan. Untuk mengakali biaya, saya juga mengurangi luasan bangunannya dengan membuat taman pada bagian samping hingga belakang rumah, yang berfungsi juga sebagai crossed ventilation. Sehingga saat siang udara segar tetap mengalir supaya mengurangi penggunaan pendingin ruangan (AC), lagi-lagi untuk penghematan kedepannya :).

Untuk atap saya menggunakan material zincalume untuk meringankan strukturnya dan mengurangi penggunaan rangka atapnya. Kemiringannya pun bisa dibuat ekstrim sehingga lebih mengurangi biaya lagi. Namun material ini kekurangannya agak berisik saat hujan, sehingga untuk mengakalinya saya menggunakan glasswool yang agak tebal sebagai peredam suara dan mengurangi radiasi panas saat siang hari.

Target saya rumah kantor (small office home office) ini bisa selesai di bulan Juni sehingga saat anak pertama saya lahir kami sudah menempati rumah baru milik kami sendiri. Selamat bangun rumah!

No comments:

Post a Comment