Sunday, 1 May 2011

Puzzle House

facade puzzle house

Perkenalan saya dengan Yu Sing, salah satu arsitek muda Indonesia yang namanya cukup diakui bahkan masuk ke dalam 50 besar arsitek Indonesia, adalah dari proyek Puzzle House ini. Rumah experimental karya Yu Sing ini merupakan tantangan tersulit yang pernah saya kerjakan selama karir saya sebagai kontraktor. Dengan desainnya yang banyak mengekspos struktur, sehingga pada saat pembuatan bekisting benar-benar harus rapi dan proses pengecoranpun harus diperhatikan dengan benar agar bisa menghasilkan beton yang rapi. Ditambah dengan lantai yang split level dan request dari pemilik yang elevasi lantai dan jumlah tangga harus benar-benar presisi karena terkait dengan fengshui, sehingga benar-benar menuntut ketelitian yang tinggi agar kesalahan bisa diminimalkan (saya tidak berani bilang pekerjaan tim saya benar-benar sempurna tanpa cacat, tapi sebisa mungkin sesuai dengan harapan dari pemilik rumah dan Yu Sing selaku arsiteknya).

grassblock sebagai facade

Rumah ini menggunakan grassblock untuk material facade-nya dan pada setiap lobang grassblock yang berjumlah lebih dari 3000 lobang dipasang kaca 4mm berukuran 4 x 4 cm dikombinasikan dengan kawat nyamuk sebagai sirkulasi udaranya (kelihatannya mudah tapi rumit dalam pengerjaannya). Pada awalnya ada kekuatiran apakah grassblock yang biasanya digunakan untuk penutup carport kuat menahan beban vertikal dan harus menngunakan material apa sebagai perekatnya, namun setelah diujicobakan pada satu modulnya, hasilnya cukup memuaskan, bahkan bahan perekatnya yang berwarna putih memberikan tampilan seperti jahitan padafacade-nya yang didominasi warna abu-abu beton. Untuk rangka modul-modulnya digunakan material baja, kombinasi antara IWF sebagai kolom penahannya dan besi siku sebagai frame dari modulnya.


bronjong besi

Desain Yu Sing untuk rumah ini juga banyak mengaplikasikan material bekas (limbah) yang mungkin dianggap orang nyeleneh tetapi apabila diterapkan menghasilkan suatu karya seni yang menambah keindahan dan keunikan puzzle house ini, salah satunya adalah penggunaan botol bekas bir yang dimasukkan kedalam bronjong besi (pada gambar sebelah baru bronjong-nya saja, botol birnya belum disusun).Ada juga bagian dinding yang dipasang genteng bekas yang disusun menerus dari dinding teras sampai ke taman bagian tengah. Mungkin gambar pada saat puzzle house ini sudah selesai yang bisa berbicara lebih banyak, namun untuk saat ini baru 3 gambar yang saya pajang, sisanya masih surprise. Selamat bangun rumah! 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment